MotoGP 2017 Indonesia, Sirkuit Sentul Mulai Berbenah

SHARE TO :

Frezmo - Menghadapi gelaran MotoGP 2017 nanti, Sentul Intenational Circuit mulai berbenah. Seperti kita ketahui bahwa pihak Dorna telah menyetujui jika Indonesia sebagai salah satu negara yang akan ikut serta dalam menyelenggarakan seri balap alias salah satu tuan rumah MotoGP di tahun 2017 nanti.

Sirkuit Sentul didapuk sebagai salah satu sirkuit yang akan digunakan menggelar 'hajatan balap motor' terbaik sejagat ini. Lalu bagaimana persiapan dari sirkuit 'tua' ini?

Sentul memang sirkuit internasional, namun untuk menyelenggarakan ajang balap setingkat MotoGP, banyak hal yang harus dibenahi. Jarno Zaffeli seorang desainer sirkuit terbaik yang ikut mendesain Sirkuit Mugello Italia itu, mengatakan "Sirkuit Sentul memiliki pemandangan yang indah dengan view dikelilingi oleh pegunungan. Namun untuk menjadi tuan rumah MotoGP, maka Sentul harus dirombak agar tidak ketinggalan jaman".

Salah satu contohnya, seperti dengan memperlebar beberapa tikungan yang ada, gunanya untuk lebih menjaga keselamatan pebalap."Pada tikungan pertama harus diperlebar agar pembalap mampu memacu motornya dengan lebih kencang. Selain itu beberapa titik juga harus dibenahi. Yang jelas faktor keselamatan pembalap sangat penting," kata Zeffeli.

Paling tidak untuk melakukan perombakan ini dibutuhkan waktu kurang lebih selama 18 bulan untuk merampungkannya. Termasuk pembenahan antara control room dengan paddock yang menurut desainer sirkuit kenamaan iti posisinya terlalu berdekatan. Padahal ruang kontrol haruslah steril dari aktivitas lainnya saat balapan berlangsung.

Renovasi Sirkuit Sentul ini dilakukan demi memenuhi standar internasional. Sebenarnya Sirkuit Sentul ini pernah menggelar ajang MotoGP pada 1997 dan 1998, yang pada saat itu masih berlabel GP500 sob. Tapi beda dulu beda sekarang, standart yang harus dipenuhi untuk sebuah sirkuit menggelar balap MotoGP telah jauh lebih ketat dan tinggi dibandingkan masa itu.


renovasi sentul
rencana perubahan

renovasi sentul
perbandingan

Lebih detail, berikut poin yang harus dirombak pada sirkuit Sentul :

1. Desain Dan Aspal Sirkuit

Ini adalah poin paling penting yang harus segera dibenahi. Desain dari sirkuit Sentul bisa dibilang sudah ketinggalan zaman untuk menggelar balapan sebesar MotoGP. Beberapa tikungan bahkan disinyalir 'kurang bersahabat' terhadap keamanan pembalap. Secara keseluruhan lay out juga terlalu sederhana. Terlebih lagi permukaan aspal banyak yang bergelombang.

2. Akses

Poin kedua yang tak kalah penting adalah soal akses menuju sirkuit. Jangan sampai kejadian seperti saat pergelaran balap A1 GrandPrix dulu terulang kembali. Dimana kemacetan terjadi begitu panjangnya, sampai-sampai orang penting sekelas presiden SBY pun harus naik ojek untuk sampai ke sirkuit.

3. Tunnel

Tunnel alias lorong ini biasanya digunakan sebagai jalur bawah tanah yang melintasi trek ke tribun. Tujuannya dengan merenovasi tunnel ini adalah untuk memberikan akses yang mudah dan nyaman bagi penonton yang terpilih untuk bisa menyeberang menuju paddock tim MotoGP. Sehingga lebih praktis dan efisien.

4. Fasilitas Hotel Dan Rumah Sakit

Mengingat antusias yang besar terhadap ajang balap motor ini, fasilitas seperti hotel jadi poin utama selanjutnya. Karena penonton yang datang tak hanya dari wilayah sekitar, sehingga penginapan sangat dibutuhkan bagi penonton dari luar kota atau luar negeri. Akan lebih baik jika hotel di sekitar Sentul dan Jakarta bersedia bekerja sama dengan pihak Sentul, hal ini untuk memberikan berbagai kemudahan lebih semisal shuttle bus atau paket transportasi lain dari hotel menuju sirkuit Sentul.

5. Tiket Masuk Harus Terjangkau

Ini yang juga perlu dipikirkan sejak awal. Diharapkan penentuan harga tiket penonton tak terlalu mahal. Karena menurut informasi,  tiket untuk menonton MotoGP kalau dirupiahkan tak lebih dari Rp 200 ribu. Harga ini sudah lebih murah ketimbang tiket balap A1 GrandPrix yang saat itu paling murah dijual seharga Rp 300 ribu.   

6. Akses Internet

Teknologi informasi digital berupa akses internet juga tak kalah penting, karena selama race berlangsung hingga akhir balap, akan banyak pihak yang membutuhkan akses internet. Salah satunya adalah media berita online yang akan memberitakan MotoGP Sentul melalui jaringan internet secara realtime.

==========================

So guys, are you ready for the party...

SHARE TO :

Blogger Templates

Jangan sampai ketinggalan postingan-postingan terbaik dari FREZMO. Berlangganan melalui email sekarang juga:

Atau sobat juga bisa follow FREZMO dengan mengklik tombol di bawah ini:

follow Blogimodo

Artikel Menarik Lainnya:

Cari info lainnya :

soon...

Support

...